WEBINAR NASIONAL: “Yang Muda Bersuara”

WEBINAR NASIONAL: “Yang Muda Bersuara”

Sebagai negara yang multikultural, maka seringkali rentan akan terjadinya konflik dan ketegangan antar kelompok ataupun golongan. Sehingga menjadi sangat penting untuk merawat dan menyuarakan keragaman itu ditengah-tengah masyarakat yang lebih luas. Diantara usaha itu adalah dengan membawa kaum muda, yang menjadi penerus generasi mendatang.

Dalam hal inilah ISAIS UIN SUSKA Riau menggelar Webinar Nasional: Yang Muda Bersuara, sangat luar biasa dengan menghadirkan 10 Narasumber dari berbagai wilayah di Indonesia. Bertemakan “Menggelorakan Perdamaian di Masa Covid-19” membuat peserta antusias bahkan ada yang berasal dari Negeri tetangga, Malaysia. Diselenggarakan pada hari Selasa, 30 Juni 2020 Pukul 09.30 WIB yang dilaksanakan secara online.

Webinar ini dimoderatori oleh Nurhayati Nupus (Peace Generation Riau). Adapun Narasumber utamanya yaitu Mohammad Miqdad sebagai fasilitator Sekolah Pengelolaan Keragaman CRCS UGM, sementara narasumber yang merupakan aktivis mudanya adalah:

  1. Wardatul jannah (Ketua KOHATI BADKO HMI Aceh)
  2. Ikbal Ramzani P (Sekretaris umum DPD IMM Aceh)
  3. M.Ikhsan Rizky Zulkarnain (SEKUM IMM Aceh Besar, Founder Multatuli Institute Aceh)
  4. Miftahul Huda (YLPC 2019 Yogyakarta, Mahasiswa Ilmu Hukum UIN SUSKA Riau)
  5. Thiyas Tono Taufiq (Dosen UIN Walisongo Semarang)
  6. Nurul Faisol Ruslan (WAKETUM Forum Mahasiswa Studi Agama-Agama se-Indonesia)
  7. Nina Apriliani Weda (Duta Indonesia Millenial Movement 2018, Delegasi International Wonderful Education 2019 Malaysia-Thailand)
  8. Bahrul Ulum (Fasilitator Forum Anak Riau, Mahasiswa Bahasa Inggris UIN SUSKA Riau)
  9. Faisal Pelu (Presidium Komunitas Bela Indonesia Provinsi Maluku)
  10. Georgie Manuhuwa (Founder BETA BANK Sampah Ambon, Presidium/Pengurus Perwakilan KBI Ambon, Ketua Komunitas Jalan Merawat Perdamaian Ambon)

Berbagai pendapat intelektual diulas dengan sangat menarik dengan penuh keanekaragaman dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Para peserta sangat antusias dalam membahas konflik yang terjadi pada daerah mereka agar mendapatkan solusi terbaik dari pemateri yang telah dihadirkan tersebut.

Dengan adanya Webinar Nasional ini semoga mampu menjadikn inspirasi bagi pemuda lainnya dalam menyuarakan perdamain. Salam damai 🙂

Leave a Reply